Selamat Jalan Bonar L. Simangunsong, Pembina YPDT yang sangat Peduli Danau Toba dan Bonapasogit

DanauToba.org — Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) tersentak mendengar berita meninggalnya salah satu anggota Pembina YPDT, Laksma TNI (Purn) Ir Drs Bonar Leonard Simangunsong, MSc, di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, pada Senin (25/7/2022) sekitar pukul 18:55 WIB.

Ketua Umum YPDT Maruap Siahaan dan Wakil Sekretaris YPDT Susi Rio Panjaitan beserta Ketua Pengawas YPDT Jerry R Sirait, Pengurus YPDT Pdt Marihot Siahaan, dan Tiendy Rose Panjaitan (anggota GCDT) datang melayat almarhum di rumah kediamannya, Selasa (26/7/2022), jasadnya disemayamkan di rumah kediamannya, Kompleks Perumahan TNI AL, Cinere, Jakarta Selatan.

Dalam ungkapan belasungkawanya, Maruap Siahaan mengatakan bahwa Amangboru Bonar (demikian sapaanya karena istri almarhum adalah boru Siahaan) seorang tokoh Batak yang luar biasa. Almarhum banyak mendukung YPDT dalam melestarikan kawasan Danau Toba agar tetap lestari. “Saya merasa tidak takut kepada para perusak lingkungan melawan mereka karena saya didukung beberapa Jenderal yang ada di Kepengurusan YPDT. Salah satunya adalah Amangboru Bonar,” ungkap Maruap.

Sementara itu, Wakil Sekretaris YPDT Susi Rio merasa terkejut mendengar kabar berita kepergian almarhum. Susi teringat bahwa Ompung Bonar pernah memberinya semangat agar terus belajar. “Saya masih ingat hal itu dikatakan beliau sekitar 2 bulan yang lalu ketika kami marnonang di tempat cafenya Ito Joe,” ujar Susi dengan mata berkaca-kaca.

Selain itu, pada saat YPDT bersama BATAK CENTER, FBBI (Forum Bangso Batak Indonesia), dan FPBP (Forum Peduli Bona Pasogit) melayankan Ibadah Penghiburan dan Belasungkawa, hadir juga salah satu anggota Pembina YPDT sekaligus Ketua Umum BATAK CENTER dan Ketua Umum FPBP, yaitu Sintong M. Tampubolon.

S. M. Tampubolon mengatakan bahwa beliau ini adalah sosok Batak yang banyak memiliki gagasan. Dua gagasan yang sudah berhasil beliau wujudkan adalah mendirikan MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia) dan BATAK CENTER. “Saya terus terang agak didesak oleh abang saya ini dan juga teman-teman di BATAK CENTER untuk memegang jabatan Ketua Umum BATAK CENTER,” kenang Tampubolon kepada Ny. Simangunsong br Siahaan, istri almarhum sekaligus paribannya.

Sementara itu, Jerry R. Sirait yang juga adalah Sekretaris Jenderal BATAK CENTER, bertindak sebagai pemandu acara penghiburan tersebut. Sebelumnya Pdt Marihot Siahaan membuka dengan doa dalam acara tersebut. Acara selesai dengan doa penutup oleh Freddy Pandiangan (Wakil Sekretaris Jenderal BATAK CENTER dan juga Pengurus YPDT).

Dalam acara Ibadah Penghiburan tersebut, selain nama-nama yang sudah disebutkan sebelumnya hadir juga Judika Malau (BATAK CENTER), Lambok Sianipar (Bendara Umum BATAK CENTER), Jhohannes Marbun (YPDT dan BATAK CENTER), Martin Sirait (FPBP), Hojot Marluga (Sekjen FORJUBA), Pdt. Ida Turnip, dan Boy Tonggor Siahaan (YPDT dan BATAK CENTER).

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)