Road Show Hazuta: Grow to Share di KDT

JAKARTA, DanauToba.org — Tim Hazuta selama berada di Kawasan Danau Toba (KDT) terus melakukan sosialisasi market place e-commerce hazuta.com. Sudah sejauh mana sosialisasi Tim Hazuta ini. Berikut liputannya:

Pertemuan dengan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan Senin malam ini (15/08/2016) di Rumah Dinas Bupati membicarakan kerjasama pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui green e-commerce. Bupati menyambut baik kerjasama yang ditawarkan YPDT melalui hazuta.com dan berharap ada staf YPDT yang langsung mendampingi masyarakat terutama untuk memasukkan produk-produk di Kabupaten Tapanuli Utara ke hazuta.com.

Pertemuan dengan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan Senin malam (15/08/2016) di Rumah Dinas Bupati membicarakan kerjasama pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui green e-commerce. Bupati menyambut baik kerjasama yang ditawarkan YPDT melalui hazuta.com dan berharap ada staf YPDT yang langsung mendampingi masyarakat terutama untuk memasukkan produk-produk di Kabupaten Tapanuli Utara ke hazuta.com.

Selasa sore (16/08/2016) sampai dengan malam ini di Bona Rest (sebelah PLTA Renun), Tim YPDT berdiskusi dengan eks Panitia GCDT Dairi dan perwakilan masyarakat Silalahi-Paropo untuk membicarakan dan menginisiasi Gerakan Cinta Danau Toba 2016 yang dipusatkan di Silalahi Paropo pada akhir Desember 2016. Mohon dukungan Bapak/Ibu Sahabat/Pencinta Danau Toba, terlebih warga Silalahi Paropo yang ada di perantauan. Ayo direncanakan pulang kampung bersama. Beta Mulak tu Huta.
Selasa sore (16/08/2016) sampai dengan malam di Bona Rest (sebelah PLTA Renun), Tim YPDT berdiskusi dengan eks Panitia GCDT Dairi dan perwakilan masyarakat Silalahi-Paropo untuk membicarakan dan menginisiasi Gerakan Cinta Danau Toba 2016 yang dipusatkan di Silalahi Paropo pada akhir Desember 2016. Mohon dukungan Bapak/Ibu Sahabat/Pencinta Danau Toba, terlebih warga Silalahi Paropo yang ada di perantauan. Ayo direncanakan pulang kampung bersama. Beta Mulak tu Huta.
Rabu pagi ini (17/08/2016) Ketua Umun YPDT di Silalahi, Dairi memperkuat kerjasama dengan perwakilan masyarakat di Dairi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (Foto Dari Kiri ke Kanan), Bapak Passiona Sihombing akan membentuk kelompok koperasi masyarakat dan melakukan pembinaan; Bapak Martuaman Silalahi P. Batu memberikan tempatnya untuk sekretariat maupun center point hazuta.com dan siap melakukan pembinaan terhadap generasi muda masyarakatnya; Open Malango (ahli pahat ukir/memakai topi) siap memperkuat usaha kreatif pahat ukir bersama kelompoknya pahat ukir; Drs. Maruap Siahaan, MBA (Ketum YPDT); Joe Marbun (Sektif YPDT); dan Bona Agustinus P. Batu dkk yang siap memberikan kontribusi untuk industri pariwisata di Dairi melalui Aladin Travel.
Rabu pagi (17/08/2016) Ketua Umun YPDT di Silalahi, Dairi memperkuat kerjasama dengan perwakilan masyarakat di Dairi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (Foto Dari Kiri ke Kanan), Bapak Passiona Sihombing akan membentuk kelompok koperasi masyarakat dan melakukan pembinaan; Bapak Martuaman Silalahi P. Batu memberikan tempatnya untuk sekretariat maupun center point hazuta.com dan siap melakukan pembinaan terhadap generasi muda masyarakatnya; Open Malango (ahli pahat ukir/memakai topi) siap memperkuat usaha kreatif pahat ukir bersama kelompoknya pahat ukir; Drs. Maruap Siahaan, MBA (Ketum YPDT); Joe Marbun (Sektif YPDT); dan Bona Agustinus P. Batu dkk yang siap memberikan kontribusi untuk industri pariwisata di Dairi melalui Aladin Travel.
Perkenalan hazuta.com kepada usahawan muda dari Karo pada Rabu siang ini (17/08/2016) di Silalahi, Dairi. Perwakilan peternak dan petani holtikultura, sembako, dan buah segar.
Perkenalan hazuta.com kepada usahawan muda dari Karo pada Rabu siang (17/08/2016) di Silalahi, Dairi. Perwakilan peternak dan petani holtikultura, sembako, dan buah segar.
Suasana santai dengan para pengusaha muda.
Suasana santai dengan para pengusaha muda.
Tim Hazuta menyuarakan peduli lingkungan untuk kelestarian Danau Toba.
Tim Hazuta menyuarakan peduli lingkungan untuk kelestarian Danau Toba.

d715d181-eb63-480c-96c2-fae03f8dacf9

0cb52a6c-7667-49a6-8a8b-38d25fbe4a31

Masih ingat Danau Toba Tanpa Keramba (KJA)? Ada pihak yang selalu bertanya, kalau KJA dihapuskan lalu apa solusi untuk masyarakat? Pertanyaan ini selalu dijadikan alasan untuk tetap mempertahankan KJA di perairan Danau Toba walau disadari bahwa aktivitas tersebut menjadi salah satu sumber pencemar air Danau Toba, merugikan masyarakat lain yang mengakses air danau sebagai sumber air minum dan kebutuhan hidup lainnya. Kreativitas untuk mengelola potensi yang dimiliki oleh masyarakat di kawasan Danau Toba sangat dibutuhkan, sehingga berdampak positif pada kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Green e-commerce hazuta.com merupakan pasar yang diciptakan untuk membantu petani, peternak, dan pelaku ekonomi kreatif menjawab permasalahan sebagaimana disebutkan di atas.

Keputusan dikembalikan ke masyarakat. Sebab perubahan kawasan Danau Toba tergantung pada masyarakatnya.

Rabu siang sampai dengan sore perwakilan kelompok petani, peternak, dan pelaku ekonomi kreatif dari Dairi dan Karo menyambut baik gagasan hazuta.com dan siap memasarkan produknya di situs market place tersebut. Masyarakat menyadari bahwa selama ini kendala yabg mereka hadapi adalah pasar yang tidak berpihak pada mereka, sehingga produk yang dihasilkan selalu dimanfaatkan oleh para tengkulak. Masyarakat tidak mampu menentukan harga pasar dan hanya pasrah dengan harga yang ditentukan oleh tengkulak. hazuta.com menjawab permasalahan mereka, di mana masyarakat dapat menentukan langsung harga, sehingga mereka tidak lagi merasa ‘dimiskinkan’ oleh sistem yang ada selama ini.

Pasca pertemuan, peserta menyempatkan diri berfoto bersama di tepi Danau Toba Silalahi dengan menembangkan spanduk Danau Toba Tanpa Keramba dapat terjadi dengan mengoptimalkan produksi masyarakat dan menjualnya melalui situs market place hazuta.com.

Kami Membuat Kapal Nenas di Pizza Andaliman. Kapal Nenas Eskrem and Kapal Nenas Mango Wine special.

Kami membuat Kapal Nenas di Pizza Andaliman, Toba Art, Balige. Kapal Nenas Eskrem and Kapal Nenas Mango Wine special. Kapal Nenas ini ide dari Thomas Heinle dan Ratnauli Gultom.

Kolam darat, salah satu solusi alternatif Danau Toba tanpa keramba (bersama Ketum YPDT di Silalahi).
Kolam darat, salah satu solusi alternatif Danau Toba tanpa keramba (bersama Ketum YPDT di Silalahi).
Kolam darat pengganti Keramba Jaring Apung. Ini milik seseorang yang tidak berkeramba lagi, ikannya alami tanpa pellet. Kolam ini berada di lereng gunung, Dairi.
Kolam darat pengganti Keramba Jaring Apung. Ini milik seseorang yang tidak berkeramba lagi, ikannya alami tanpa pellet. Kolam ini berada di lereng gunung, Dairi.

8d2abac8-6822-4916-852c-281d9c4177d0 904c9af9-f8d7-43aa-8a8a-2b3defb917f3 d477dcc3-74af-43e5-b73c-cf85f6e51fef

ae388b38-2a73-4480-87b1-f4ff02cfc093

Pada hari Jumat sore (19/08/2016) kami berada di tengah anak-anak Rumah Belajar Huta Balian Sianjur Mulamula, Kab. SAMOSIR. Ketua Umum YPDT memberikan semangat kepada anak-anak agar jujur, disiplin, belajar dan bekerja keras, hormat kepada orangtua, dan tetap berdoa memohon petunjuk dari Tuhan. Kiranya anak-anak dari kawasan Danau Toba menjadi anak-anak yang tangguh, tanggap terhadap lingkungan dan budayanya serta menjadi inspirasi/contoh bagi generasinya di masa yang akan datang sehingga "Kawasan Danau Toba Menjadi Kota Berkat di Atas Bukit".
Pada hari Jumat sore (19/08/2016) kami berada di tengah anak-anak Rumah Belajar Huta Balian Sianjur Mulamula, Kab. SAMOSIR. Ketua Umum YPDT memberikan semangat kepada anak-anak agar jujur, disiplin, belajar dan bekerja keras, hormat kepada orangtua, dan tetap berdoa memohon petunjuk dari Tuhan. Kiranya anak-anak dari kawasan Danau Toba menjadi anak-anak yang tangguh, tanggap terhadap lingkungan dan budayanya serta menjadi inspirasi/contoh bagi generasinya di masa yang akan datang sehingga “Kawasan Danau Toba Menjadi Kota Berkat di Atas Bukit”.

Penulis: Jhonannes Marbun
Editor: Boy Tonggor Siahaan

 

 

 

 

 

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)