Ditemukan Banyak Pellet dan Ikan Mati di Simalombu

c98008d2-d323-4a04-966d-56250f518f01

SAMOSIR, DanauToba.org — Banyak pellet dan ikan mati ditemukan di daerah Silimalombu, Kec. Onan Runggu, Kab. Samosir, Selasa (16/8/2016). Temuan tersebut tidak jauh dari Keramba Jaring Apung (KJA) PT. Aquafarm Nusantara.

Temuan pellet dan ikan mati.
Temuan pellet dan ikan mati.

Fenomena terlemparnya ikan mati dan pellet dari KJA PT. Aquafarm Nusantara terjadi dalam jumlah besar ke perairan terbuka Danau Toba. Peristiwa tersebut sering terjadi di kala angin kencang dan ombak besar. Hal ini sangat bertolak belakang dengan komitmen ‘Zero Emission‘ dari perusahaan asing dari Swiss yang beroperasi di beberapa titik lokasi Kawasan Danau Toba tersebut. Kejadian ini merupakan bagian daftar panjang kasus pencemaran lingkungan terhadap Air Danau Toba yang belum diatasi.

Sungguh menyedihkan, lokasi tersebut masih tercemar. Padahal menurut rencana pada Minggu (21/8/2016) Presiden RI, Ir. Joko Widodo akan merayakan Karnaval Kemerdekaan RI di Balige, Kab. Toba Samosir yang notabene tidak jauh dari Samosir.

Program pemerintah RI ‘zero keramba‘ ditargetkan selambatnya Desember 2016 sebelum kedatangan Presiden RI, Ir. Joko Widodo pada Perayaan Natal, akhir Desember 2016 di Dolok Sanggul, Kab. Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. (Joe Marbun)

 

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)