Dari KJA Beralih ke Hazuta

KDT, DanauToba.org — Masih ingat Danau Toba tanpa Keramba? Ada pihak yang selalu bertanya, kalau Keramba Jaring Apung (KJA) dihapuskan lalu apa solusi untuk masyarakat? Pertanyaan ini selalu dijadikan alasan untuk tetap mempertahankan KJA di perairan Danau Toba walau disadari bahwa aktivitas tersebut menjadi salah satu sumber pencemar air Danau Toba, merugikan masyarakat lain yang mengakses air danau sebagai sumber air minum dan kebutuhan hidup lainnya. Kreativitas untuk mengelola potensi yang dimiliki oleh masyarakat di kawasan Danau Toba sangat dibutuhkan, sehingga berdampak positif pada kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Green e-commerce hazuta.com merupakan pasar yang diciptakan untuk membantu petani, peternak, dan pelaku ekonomi kreatif menjawab permasalahan sebagaimana disebutkan di atas.

Keputusan dikembalikan ke masyarakat. Sebab perubahan kawasan Danau Toba tergantung pada masyarakatnya.

Rabu siang (17/8/2016) sampai dengan sore perwakilan kelompok petani, peternak, dan pelaku ekonomi kreatif dari Dairi dan Karo menyambut baik gagasan hazuta.com dan siap memasarkan produknya di situs market place tersebut. Masyarakat menyadari bahwa selama ini kendala yabg mereka hadapi adalah pasar yang tidak berpihak pada mereka, sehingga produk yang dihasilkan selalu dimanfaatkan oleh para tengkulak. Masyarakat tidak mampu menentukan harga pasar dan hanya pasrah dengan harga yang ditentukan oleh tengkulak. hazuta.com menjawab permasalahan mereka, di mana masyarakat dapat menentukan langsung harga. Jadi mereka tidak lagi merasa ‘dimiskinkan’ oleh sistem yang ada selama ini.

Peternakan ikan di daratan (tanpa keramba dan pellet) dekat pinggir Danau Toba menjadi solusi peternak ikan tanpa KJA. Hasil produksi ikan dapat dijual di hazuta.com.
Peternakan ikan di daratan (tanpa keramba dan pellet) dekat pinggir Danau Toba menjadi solusi peternak ikan tanpa KJA di Kabupaten Dairi dan Karo. Hasil produksi ikan dapat dijual di hazuta.com.

Pasca pertemuan, peserta menyempatkan diri berfoto bersama di tepi Danau Toba Silalahi dengan menembangkan spanduk Danau Toba Tanpa Keramba dapat terjadi dengan mengoptimalkan produksi masyarakat dan menjualnya melalui situs marketplace hazuta.com. (JM dan BTS)

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)