Sukarelawan Australia Bergabung dengan YPDT

Sukarelawan Australia Bergabung dengan YPDT

JAKARTA, DanauToba.org – Hank van Apeldroorn (sukarelawan Australia) bergabung dengan YPDT. Hank memutuskan bergabung dengan YPDT karena ia tertarik program yang ditawarkan Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT). Ketika itu Hank baru tiga minggu berada di Australia pulang dari Kamboja. Pada saat itu, Hank membaca iklan AVI di salah satu media Australia tentang kebutuhan tenaga sukarelawan untuk YPDT, Hank tertarik dan mengajukan permohonan. Demikian cerita Hank pada saat berbuka puasa bersama di kantor AVI Jakarta, Kamis (15/6/2017). Hank akan bertugas selama satu tahun dan dimulai pada pertengahan Juli 2017.

Sukarelawan Australia Bergabung dengan YPDT
Jhohannes Marbun (tengah) bersama sukarelawan Australia, Hank van Apeldroorn (kanan).

Kepastian bergabungnya Hank diperoleh dari AVID Program Assistant – AVI Indonesia, Annisa Husni. Selanjutnya, AVI melakukan pertemuan bersama antara tuan rumah organisasi (host organization) Mitra AVI dengan para sukarelawan asal Australia dalam ‘Lokakarya Kemitraan AVI’ pada Jumat (16/6/2017) di Jakarta.

Annisa Husni menjelaskan bahwa pada setiap kedatangan sukarelawan baru, AVI selalu mengadakan lokakarya satu hari bagi mitra kerja lokal. Mereka diberikan panduan mengenai apa yang harus dipersiapkan menjelang kedatangan sukarelawan, bantuan seperti apa yang nantinya dibutuhkan serta beberapa hal lain yang berkaitan selama penempatan sukarelawan.

Sukarelawan Australia Bergabung dengan YPDT
Para sukarelawan AVID Program berfoto bersama.

Jhohannes Marbun (Sekretaris Eksekutif YPDT) hadir dalam lokakarya tersebut. Ia menjelaskan bahwa hal ini bertujuan mempertemukan para sukarelawan dengan tuan rumah organisasi masing-masing sukarelawan guna memperkenalkan lingkungan kerja, mekanisme organisasi berikut beberapa proses administrasi yang harus diketahui baik oleh sukarelawan maupun tuan rumah organisasi.

YPDT akan memberikan dua tugas kepada Hank, antara lain: Pertama, membantu YPDT dalam melakukan penguatan dan pengembangan Danau Toba sebagai Situs Geopark dan pengembangan pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat di Kawasan Danau Toba; dan kedua membantu YPDT mengidentifikasi, menganalisa, dan mengembangan potensi warisan budaya dan alam untuk pariwisata berkelanjutan.

YPDT ke depannya akan mengoptimalkan keberadaan Hank yang diketahui memiliki pengalaman dan keahlian di bidang pariwisata. Hank akan bergabung bersama sukarelawan lainnnya dan Pengurus YPDT Perwakilan di Kawasan Danau Toba mengerjakan program. Salah satunya invetarisasi 1000 destinasi pariwisata danau Toba.

Baca juga: GERAKAN MENGGAGAS SERIBU OBYEK WISATA DI KAWASAN DANAU TOBA

Hank van Apeldroorn lahir di Bogor pada 25 Desember 1948. Ia berwarga negara Australia. Pengalaman kerjanya terakhir sebagai Uniting Journeys Responsible Travel Advocate – Comission for Mission Uniting Church in Australia (Agustus 2011-Januari 2017). Sebelumnya berturut-turut menjadi Manager EconomicBalranald Shire Council (April 2003-Maret 2011), Tourism & Economic OfficerCarrathool Shire Council (1999-2003), Leisure & Recreation ManagerMitchell Shire Council (1998-1999), Executive OfficerHost Farms Association of Victoria (1997-1998), Duty ManagerOlembia Private Manager (1996-1998), Tourism Information Officer (contract) – City of Port Phillip (1995-1996).

Australian Volunteer for International Development (AVID) Program adalah program yang dikembangkan oleh AVI untuk pengembangan kegiatan di berbagai negara. AVI Indonesia adalah salah satu perwakilannya. (JM/BTS)

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)