Retreat YPDT Membahas Upaya Hukum Tim Litigasi dan Rencana GCDT IV 2018

Retreat

BOGOR, DanauToba.org — Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) menyelenggarakan Retreat membahas upaya hukum Tim Litigasi dan rencana kegiatan Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) IV 2018. Acara tersebut berlangsung di Wisma Pondok Remaja, Cipayung, Bogor, pada Sabtu-Minggu (10-11/3/2018).

Rapat Kerja

Dalam rangka Retreat ini diberikan kesempatan kepada Tim Litigasi menyampaikan rencana ke depan upaya hukum untuk memperjuangkan pemulihan perairan Danau Toba dari pencemaran. Robert Paruhum Siahaan, SH (Ketua Tim Litigasi) dan Deka Saputra Saragih, SH, MH (Anggota Tim Litigasi) menyampaikan bahwa kami akan membuat kesimpulan dari upaya hukum sedang berlangsung di PTUN Jakarta dan juga kami membutuhkan dukungan semua pihak pada Sidang-sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Robert juga memperkenalkan Try M. Saragih, SH, MH, yang akan bergabung dengan Tim Litigasi.

Setelah rehat makan siang, Retreat dilanjutkan dalam pembahasan terpisah. Tim Litigasi berkumpul bersama untuk merumuskan kesimpulan yang akan disampaikan dalam Sidang TUN, Rabu (14/3/2018). Sementara peserta Retreat yang lain membicarakan rencana GCDT IV 2018.

Dalam pembahasan rencana GCDT IV tersebut, para peserta memberikan evaluasi secara menyeluruh GCDT I, II, dan III. Masukan yang berarti buat panitia GCDT IV ke depan adalah perencanaan agar dipersiapkan dengan baik dan benar dengan memperhatikan jangka waktu, sumberdaya yang ada baik di Jakarta maupun di lokal (Kawasan Danau Toba), koordinasi, dan komunikasi yang lebih ditingkatkan.

Selama diskusi pembahasan tersebut, Maruap Siahaan (Ketum YPDT) melontarkan ide pembentukan Danau Toba Cerdas (DTC). DTC ini akan melakukan gerakan pencerdasan masyarakat di Kawasan Danau Toba (KDT). “Kita akan persiapkan DTC ini dengan matang yang akan dikomandani Jerry R. H. Sirait,” jelas Maruap Siahaan.

Selain itu, Ketum YPDT tetap menyatakan bahwa kegiatan Parenting terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Susi Rio Panjaitan didaulat menjadi koordinator dalam kegiatan Parenting ini.

Dalam pembahasan ini, Mardi S. N. Sinaga, menawarkan dukungan dalam bentuk Ring Back Tone (RBT) dengan judul lagu “Aek no Tio, Tao na Uli.” Ada juga usulan dari Pdt Marihot Siahaan mengadakan Konferensi Danau Toba. (BTS)

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)