Panitia Makin Intensif Menggaungkan GCDT IV

Intensif

JAKARTA, DanauToba.org — Gerakan Cinta Danau Toba (GCDT) IV segera dilaksanakan YPDT dalam waktu dekat ini. Kamis malam (25/10/2018) para pencinta dan pemerhati Danau Toba berkumpul di Sekretariat Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) mengadakan rapat untuk lebih intensif menggaungkan GCDT IV. Panitia GCDT IV ini makin mengintensifkan persiapannya karena makin dekat rencana kegiatan yang bakal dilaksanakan.

Sebagaimana sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalau bahwa GCDT IV akan diselenggarakan di Bakara, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Beberapa kali YPDT bersama dengan pihak masyarakat Humbahas yang menetap di Jakarta dan sekitarnya berdiskusi menginisiasi GCDT IV ini.

Di Humbahas sendiri pun sudah terbentuk panitia lokal yang dikoornasikan YPDT Perwakilan Humbahas dengan masyarakat setempat. Sementara di Jakarta, YPDT juga sudah bergerak bersama panitia Jakarta dan makin mengintensifkan GCDT IV ini.

 

 

Berikut hasil rapat panitia GCDT IV kemarin memutuskan rencana kegiatan antara lain:

  1. Rangkaian Kegiatan GCDT IV akan diawali dengan Diskusi Kamisan yang rencananya akan digelar pada Kamis (8/11/2018) dengan tema: Menggali Kembali Nilai-nilai Kepahlawanan Raja Sisingamangaraja XII. Diskusi Kamisan dengan mengusung tema tersebut untuk wacana awal yang akan diusulkan pada Lokakarya Pelestarian Situs-situs Raja Sisingamangaraja XII yang akan diselenggarakan dalam kegiatan GCDT IV di Bakara.
  2. Rangkaian kegiatan kedua adalah Lomba Kebersihan dan Keindahan Kampung dan Sekolah. Kegiatan ini mendorong masyarkat di Bakara lebih peduli pada lingkungannya.
    1. Rangkaian kegiatan ketiga adalah Pelatihan Fotografi untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di Bakara mempromosikan daerahnya dan keunikannya. Pelatihan Fotografi tersebut akan dilatih oleh Edward Tigor Siahaan (fotografer profesional dan juga Pengurus YPDT Perwakilan Tapanuli Utara) dan Sebastian Hutabarat (praktisi fotografer yang berpengalaman dan juga Pengurus YPDT Perwakilan Toba Samosir). Kedua fasilitator tersebut masih ditunggu konfirmasinya saat berita ini disampaikan.
  3. Puncak GCDT IV dengan kegiatan:
    a. Edukasi Bank Sampah.
    b. Kerajinan tangan daur ulang (contoh: eceng gondok, plastik, kaleng, dll).
    c. Gotong-royong.
    d. Lokakarya Pelestarian Situs-situs Raja Sisingamangaraja XII (tema masih tentatif).
    e. Parenting: Pentingnya Pendidikan Budaya/Sejarah Kepada Anak (Generasi Muda).
    f. Lomba Marumpama.
    g. Drawing Collaboration menggalang kebersamaan dan kesatuan.
    h. Lomba mewarnai untuk anak-anak Balita dan SD.
    i. Lomba menggambar untuk anak tingkat SLTP dan SLTA
    j. Lomba foto aktivitas kegiatan GCDT IV dengan menggunkan HP.
    k. Hiburan Balloning dan Panggung Boneka

Rapat dihadiri Mardi F. N. Sinaga (Ketua Pengarah), Pdt Marihot Siahaan (Ketua Panitia), Jhohannes Marbun (Wakil Ketua), Sandy Purba (Sekretaris), Edi Silaban (Wakil Sekretaris), Tiendy Rose Panjaitan (Bendahara), Susi Rio Panjaitan dan Rio Baton Pangaribuan (keduanya di Seksi Acara), serta Boy Tonggor Siahaan dan Jimmy Pardede (keduanya di Seksi Media dan Informasi).

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

 

Baca juga:

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)