Danau Toba Diproyeksikan Jadi Destinasi Unggulan Dunia

Danau Toba diproyeksikan jadi destinasi unggulan dunia

RABU, 11 NOVEMBER 2015 | 16:09 WIB

Danau Toba Diproyeksikan Jadi Destinasi Unggulan Dunia  
Suasana aktivitas warga ditepian danau toba di Desa Tongging, Karo, Sumut, Sabtu (25/01). Tempo/Dian Triyuli Handoko
 

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pariwisata akan banyak mempromosikan Danau Toba sebagai Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Salah satunya melalui Festival Danau Toba (FDT) 2015 yang akan berlangsung di Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada 19–22 November 2015.

“Program revitalisasi kawasan wisata Danau Toba kini tengah dilakukan pemerintah bersama para stakeholder pariwisata,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers FDT 2015 di gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, 11 November 2015.

Arief  menuturkan dengan diselenggarakannya FDT 2015 ini akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia, berbasisgeopark. “Kami sudah menetapkan prioritas sepuluh destinasi baru, salah satunya Danau Toba untuk dikembangkan sebagai destinasi unggulan berdaya saing global,” katanya.

Penyelenggaraan FDT 2015 itu juga merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dan stakeholder pariwisata di Sumatera Utara yang ingin menjadikan kawasan wisata Danau Toba diakui dunia. “Dengan ini kami berharap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, mengatakan destinasi wisata Danau Toba memiliki keunggulan sejarah sebagai gunung yang mempunyai letusan terdahsyat dunia atau sebagai supervolcano. Pada 75 ribu tahun lalu supervolcano Toba menghasilkan kaldera dan menjelma Danau Toba beserta Pulau Samosir-nya.

“Selain mempunyai sejarah yang hebat, Danau Toba juga memiliki obyek wisata alam dan budaya yang menarik. Kami ingin menggencarkan promosi untuk menarik turis ke Sumatera Utara,” kata Tengku Erry.

Penyelenggaraan FDT 2015 ini akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan berupa atraksi seni budaya dan wisata olahraga (sport tourism). Antara lain karnaval ulos, geopark karnaval, upacara tradisi, lomba solu bolon, lomba vocal solo dan paduan suara, lomba renang rakyat, lomba binaraga, lomba fotografi FDT, pameran, fashion show etnik, seminar serta hiburan artis Ibu Kota dan daerah.

ABDUL AZIS

Sumber : http://bisnis.tempo.co/read/news/2015/11/11/090717914/danau-toba-diproyeksikan-jadi-destinasi-unggulan-dunia

Related posts