Bank Sampah Silahisabungan Terbentuk

Silahisabungan

SILALAHI, DanauToba.org Bank Sampah di Kecamatan Silahisabungan telah terbentuk pada Sabtu (28/7/2018). Terpilih 20 orang pengurus yang mengikuti Workshop Program Bank Sampah di SMA Negeri 1 Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) dan dukungan Kedutaan Besar Selandia Baru ini dimulai pukul 09.30 WIB. Jhohannes Marbun selaku Sekretaris Eksekutif YPDT mengawali workshop dengan menjelaskan tujuan program pengelolaan bank sampah dan tahapan pelatihan berikutnya. Setelah itu, kegiatan dipimpin langsung oleh Armawati Chaniago dan Efendi Sirait, dari Rumah Kompos dan Bank Sampah Sicanang, Belawan.

Pada kegiatan workshop ini, para peserta sudah diberitahukan sebelumnya untuk membawa sampah yang dibawa dari rumah masing-masing dan mengumpulkannya.

Dari sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut, mereka dijelaskan bagaimana memilah sampah anorganik, seperti sampah plastik, kertas/kartun, kaleng/logam/besi, karet, dan kaca. Selanjutnya para peserta dibekali bagaimana mengerjakan sistem manajemen dan administrasi Bank Sampah, apa peran pengurus, bagaimana pemanfaatan sampah dan strategi pemasarannya.

Mardongan Sigalingging, salah satu tokoh masyarakat dari Silalahi menitipkan pesan kepada masyarakat Silalahi-Paropo agar jangan sembarangan membuang sampah di pinggiran jalan. Mari kita menjaga Desa kita sebagai rumah kita yang nyaman, indah, asri.

 

 

Kegiatan workshop tersebut adalah hari kedua dari rangkaian acara Seminar dan Workshop Pengelolaan Bank Sampah dalam Mendukung Pariwisata Danau Toba. Selama dua hari pada Jumat-Sabtu (27-28/7/2018) masyarakat Silalahi-Paropo telah diberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah melalui Program Bank Sampah. Pengurus Bank Sampah di Kecamatan Silahisabungan pun sudah terbentuk. Berikut ini susunan Pengurusnya:

Ketua: Ibu Sondang Sihombing
Wakil Ketua 1: Ibu Malapala Silalahi
Wakil Ketua 2: Ibu Rugun Hutauruk

Sekretaris: Ibu Darmawati Situngkir
Wakil Sekretaris 1: Ibu Lasmaria br Sirait
Wakil Sekretaris 2: Ibu Elpina Sidabarita

Bendahara: Ibu Pretty Purba
Wakil Bendahara 1: Ibu Rosda Situngkir
Wakil Bendahara 2: Ibu Risna W. Siregar

Koordinator Divisi Pemberdayaan Masyarakat: Ibu Diana Purba
Koordinator Divisi Produksi dan Operasional: Ibu Roida Simanjorang
Koordinator Divisi Pengakutan: Ibu Suryati

Anggota:

  • Ibu Rostauli Sinaga
  • Ibu Merpiana Limbong
  • Ibu Masrina Tambunan
  • Ibu Nurmawati Naibaho
  • Ibu Maryati Pintubatu
  • Ibu Uli Tambunan
  • Ibu Riri Hasugian
  • Ibu Ria Natalia Pakpahan

Baca juga:

#TabungSampahRaihMasaDepan

 

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Related posts

Komentar (0)

Leave a Comment

Facebook Comments (0)

G+ Comments (0)